Posts

Showing posts from September 20, 2013

"Ritual Gaib" dan Perdukunan Politik Menyongsong 2014

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Makin mendekati pemilihan umum 2014, praktik perdukunan politik semakin marak. Para elite politik, meski mengaku berpendidikan tinggi dan rasional, pada dasarnya tidak punya rasa percaya diri. Mereka akhirnya mengandalkan kemenangannya pada jasa dukun-dukun politik.


Membaca deretan gelar akademis yang disandangnya, orang bisa keliru mengira Dr KH Desembrian Rosyady S.Ag, SH, SE, MM, MBA, sebagai ilmuwan kawakan, yang berkarir di perguruan tinggi ternama seperti UI, atau di lembaga penelitian sekelas LIPI. Tetapi jangan kaget. Profesi pria asal Malang ini, kalau boleh dibilang begitu, adalah “dukun politik.”

Lewat “ritual-ritual gaib,” Desembrian mengklaim sanggup membantu menggolkan tujuan orang, yang ingin meraih jabatan tertentu di lembaga legislatif, eksekutif, atau di manapun. Calon pengguna jasanya cukup menyetor nama, tanggal lahir, nama orang tua, alamat, daerah pemilihan, nama partai, hingga alamat rumah mereka. Desembrian lalu melakukan ritual untuk …

Pendanaan Ilegal oleh Partai-partai Kartel

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pendanaan partai politik menjadi bermasalah ketika partai memasukkan dana illegal yang diperoleh lewat korupsi, suap, dan sebagainya. Yang lebih parah, partai-partai di DPR telah bergeser jadi kartel untuk mengamankan kepentingan bersama, yaitu meraup dana dari berbagai BUMN dan proyek-proyek negara.


Demokrasi itu butuh uang. Suka atau tak suka, harus diakui bahwa demokrasi dengan berbagai perangkatnya, seperti aktivitas partai-partai politik, itu tidak mungkin gratis. Pendanaan partai politik kini menjadi isu penting karena banyak keuangan partai politik terkesan tidak transparan, bahkan dicurigai menggunakan dana ilegal yang berasal dari praktik korupsi, suap, dan sebagainya.

Partai politik biasanya didanai oleh berbagai sumbangan. Pertama, dari anggota partai atau pendukung individual. Kedua, dari organisasi yang memiliki pandangan politik sama (misalnya, biaya afiliasi dari serikat buruh), atau organisasi yang mendapat keuntungan dari aktivitas partai (mi…