Ketika Sang Naga Mengasah Cakarnya

Oleh: SATRIO ARISMUNANDAR

China terus-menerus memodernisasikan kekuatan militernya. Pembangunan militer China yang dinilai semakin agresif ini menimbulkan kecemasan negara-negara tetangga, khususnya yang terlibat sengketa wilayah dengan Beijing.

Salah satu isu hangat yang terkait dengan bangkitnya China sebagai negara adidaya baru dunia, yang menggerogoti peran dan pengaruh negara adidaya Amerika Serikat, adalah modernisasi angkatan bersenjata China. Seiring dengan kemajuan ekonominya yang fenomenal, masuk akal jika China juga memperkuat militernya secara kuantitatif maupun kualitatif.

Pengembangan kekuatan militer lewat modernisasi merupakan sarana untuk melindungi kepentingan-kepentingan strategis China. Termasuk kebutuhannya pada berbagai sumberdaya, yang menopang pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut. Semakin jelas bahwa China sedang membangun dan mengembangkan kapabilitas militer yang berdampak melampaui kawasan Asia. Bahkan perkembangan terakhir mengindikasikan, China sedang menyiapkan kekuatan yang dimaksudkan untuk menantang dan menangkal AS.

Pemerintah China secara resmi menyatakan, negeri tirai bambu itu meningkatkan belanja militernya sebesar 12,2 persen pada tahun 2014, menjadi 808,23 miliar yuan (setara 131,57 miliar dollar AS). Sebagian anggaran itu akan digunakan untuk meningkatkan pertahanan pantai dan udara, dan mengembangkan persenjataan dengan teknologi yang lebih canggih.

Angkatan Bersenjata China, yang populer dengan sebutan Tentara Pembebasan Rakyat atau PLA (People’s Liberation Army), saat ini berkekuatan 2,3 juta orang. Peningkatan anggaran pertahanan China ini nyaris berkesinambungan sebesar dua digit tiap tahun, selama dua dasawarsa terakhir.

Teknologi baru dan canggih

Perdana Menteri Li Keqiang dalam acara pembukaan pertemuan tahunan parlemen China mengatakan, “Kita secara komprehensif akan mengembangkan hakikat revolusioner angkatan bersenjata China, lebih jauh memodernisasikannya, dan memperbarui kinerjanya, serta terus meningkatkan kapabilitas tempur dan deteren dalam zaman informasi.” Ditambahkan oleh Li, China akan memperkuat riset dalam pertahanan nasional, serta pengembangan senjata dan perlengkapan militer berteknologi baru dan canggih. Juga, meningkatkan pertahanan daerah perbatasan, pantai, dan udara.

Belanja militer China saat ini sudah menjadi nomor dua terbesar di dunia, dan hanya kalah oleh Amerika Serikat. Dengan anggaran sebesar itu, hal ini memungkinkan Beijing untuk menciptakan sebuah militer yang modern. Yakni, militer yang sanggup memproyeksikan kekuatannya jauh ke dalam perairan yang disengketakan antara China dan sejumlah negara lain di Laut China Selatan dan Timur.

Bagaimanapun, banyak dari belanja militer China dilakukan di luar anggaran yang diumumkan secara resmi. Sehingga sejumlah pakar memperkirakan, angka belanja militer China sebenarnya sudah mendekati 200 miliar dollar AS. Sebagai perbandingan, anggaran basis Departemen Pertahanan AS untuk tahun fiskal 2014 adalah 526,8 miliar dollar AS.

Pada saat AS meningkatkan kehadiran militernya di kawasan, sebagai bagian dari strategi pusat ke Asia, China justru sibuk membangun kapal selam, kapal permukaan, dan rudal balistik antikapal. China bahkan sudah menguji teknologi persenjataan yang sedang berkembang, yang diharapkan mampu mencegat dan menghancurkan rudal musuh di udara. China juga melakukan uji terbang perdana untuk jet tempur siluman pada 2011, serta meluncurkan kapal induk hasil peremajaan ke laut. Namun, meski saat ini tengah berlangsung berbagai langkah modernisasi militer China tersebut, para pakar mengatakan, masih butuh beberapa puluh tahun bagi militer China untuk bisa menandingi angkatan bersenjata AS.

Diminta lebih transparan

David Helvey, Wakil Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Asia Timur, mengatakan pada acara dengar pendapat dengan Senat AS bahwa Pentagon berusaha membangun hubungan yang “sehat” dengan militer China. Namun ia menambahkan, Beijing perlu lebih transparan tentang pembangunan kekuatan militernya. “Kami tetap prihatin tentang kurangnya transparansi dalam pertumbuhan militer China dan perilakunya yang semakin asertif dalam matra maritim,” ujar Helvey.

China sendiri berulangkali menegaskan, dunia tidak perlu mencemaskan pembelanjaan militer China, yang menurut Beijing dibutuhkan untuk tujuan-tujuan defensif yang sah. Meski demikian, tetangga-tetangga China merasa was-was tentang pengembangan militer China. Kenaikan anggaran pertahanan China sebesar dua digit tahun 2014 ini bisa semakin menambah keresahan negara-negara tetangga.

Saat ini China memang sedang terlibat sengketa wilayah dengan Jepang, tentang kepemilikan atas sejumlah pulau cadas tak berpenghuni di Laut China Timur. Beijing juga mengklaim 90 persen dari 3,5 juta kilometer persegi wilayah Laut China Selatan, yang diyakini punya kandungan minyak dan gas yang sangat kaya.

Klaim China ini tumpang tindih dengan klaim wilayah dari sejumlah negara, seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Taiwan, yang mengklaim sebagian dari perairan luas tersebut. AS menyatakan, pihaknya prihatin bahwa klaim-klaim maritim China di Laut China Selatan adalah upaya untuk meraih kontrol atas lautan-lautan di kawasan Asia-Pasifik.

Laporan Tahunan Departemen Pertahanan AS ke Kongres tentang perkembangan militer China 2013 menyatakan, ada unsur signifikan dalam program modernisasi militer China yang didedikasikan pada jajaran rudal balistik. Memang, China memiliki program rudal balistik yang paling aktif dan terbesar di dunia.

Kapal selam dengan rudal nuklir

China sedang membangun jajaran yang beragam dari kapabilitas rudal ofensif, termasuk SLBM (rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam). Pentagon melaporkan, China saat ini memiliki tiga kapal selam dengan rudal nuklir (SSBN) yang operasional. China bisa menambah jumlah itu demgan lima SSBN pada akhir dasawarsa mendatang, sebelum ia memulai generasi-berikut SSBN. Masing-masing kapal selam itu dilengkapi dengan 12 tabung peluncur rudal.

China juga akan segera berpatroli dengan sebuah SLBM baru, yang untuk pertama kalinya memungkinkan SSBN China menargetkan bagian-bagian dari wilayah AS, dari area operasi yang berlokasi dekat pantai China. Jajaran rudal balistik antarbenua (ICBM) China juga selalu mengalami pengembangan dan investasi. China bukan hanya membuat investasi pada ICBM-ICBM baru, namun ia juga memastikan bahwa ICBM tersebut mampu membawa banyak wahana hulu ledak nuklir, yang masing-masing bisa mencari sasaran secara independen.

Modernisasi militer China merupakan bagian integral dari ambisi negara itu untuk mengembangkan kekuatan ekonomi dan politik globalnya. Sebagai ekonomi nomor dua di dunia –yang diperkirakan menjadi ekonomi terbesar di dunia pada 2021—China memandang pertumbuhan yang berkesinambungan dan kemakmurannya terkait erat dengan kemampuannya untuk mengamankan sumberdaya energi dan mineral, memperluas perdagangan, dan mengakses pasar-pasar baru.

Sejak menjalankan modernisasi terkini pada akhir 1990-an, China memperagakan kecenderungan provokatif berkala, untuk menantang pengaturan-pengaturan keamanan yang telah ada, begitu juga perbatasan-perbatasan maritim, khususnya di Laut China Selatan dan Timur. Lebih jauh, China kadang-kadang menjadi kekuatan pendestabilisasi melampaui kawasannya, dengan mengekspor senjata dan teknologi ke negara-negara yang berada di bawah sanksi Barat, seperti Iran.

China jelas beraspirasi untuk menegakkan dirinya sebagai kekuatan geopolitik, ekonomi, dan militer terkemuka di Asia Timur. China pada akhirnya meluaskan kemampuannya untuk mempengaruhi kondisi-kondisi ekonomi dan politik, membentuk kompetisi-kompetisi global, dan mengamankan jalur komunikasi laut kritis pada skala geografis yang jauh lebih ambisius, dari Timur Tengah ke Pasifik bagian timur.

Pengejaran dan pencapaian China terhadap tujuan ini menjadi perhatian dan keprihatinan global. Hal itu bukan hanya bagi industri pertahanan dan dirgantara global dan komunitas-komunitas keamanan di Asia, Amerika Utara, dan tempat-tempat lain manapun, tapi juga bagi semua perusahaan yang memiliki kepentingan bisnis internasional. (Diolah dari berbagai sumber)

Jakarta, 10 Desember 2014

Ditulis untuk Majalah AKTUAL

Comments

IBU HAYATI said…
aya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)