Memicu “Perang Agama” di Jerusalem

Oleh Satrio Arismunandar

Pemerintah Israel melancarkan kebijakan yang berpotensi membangkitkan “perang agama” di Jerusalem. Prospek perdamaian Palestina-Israel praktis sudah dibunuh lewat aksi-aksi provokasi tersebut.

Kehidupan di kota suci tiga agama, Jerusalem, sebulan terakhir ini panas oleh berbagai tindakan kekerasan yang melibatkan aparat keamanan Israel, warga Yahudi –khususnya yang termasuk kelompok ekstrem Yahudi—dan warga Palestina. Sejumlah warga Yahudi dan Palestina tewas dalam aksi saling serang, yang menjurus ke semacam “perang agama” karena dikaitkan dengan tempat suci agama.

Bermula dengan diizinkannya sebuah kelompok garis keras Yahudi oleh aparat Israel untuk memasuki komplek Masjid Al-Aqsa, tempat suci umat Islam di Jerusalem, aksi provokatif itu lalu memicu aksi balasan dari warga Palestina. Tindakan warga Palestina dibalas lagi dengan aksi dari warga Yahudi dan aparat keamanan, dan terjadilah kekerasan berkelanjutan.

Terkadang sulit memahami logika berpikir Israel dalam situasi saat ini. Fakta obyektifnya adalah posisi Israel semskin terdesak dalam diplomasi internasional, justru sejak serangan membabibutanya ke Gaza, yang memakan ribuan korban warga sipil Palestina. Israel kehilangan simpati internasional. “Menjual” penderitaan orang Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II, di mana Adolf Hitler menerapkan kebijakan ekstrem anti-Yahudi di Jerman, sudah tidak mempan lagi untuk menarik simpati.

Mentorpedo proses perdamaian


Bagi dunia internasional, khususnya negara-negara Uni Eropa, langkah-langkah PM Israel Benjamin Netanyahu, yang terus mendorong pembangunan permukiman Yahudi di daerah pendudukan Tepi Barat jelas mentorpedo proses perdamaian. Ini berakibat pemerintah baru Swedia menyatakan akan mengakui kemerdekaan Palestina, sebagai langkah memberi kesetaraan posisi pada Palestina dalam berhadapan dengan Israel. Status Palestina yang meningkat diharapkan akan mendorong perdamaian.

Langkah Swedia itu dikecam keras oleh Israel dan Amerika. Namun tren ini sudah bergulir dan sulit ditahan. Parlemen Inggris mengadakan pemungutan suara internal, yang berujung ke keluarnya imbauan tidak mengikat agar pemerintah Inggris juga segera mengakui negara Palestina. Terakhir, parlemen Perancis melakukan hal yang sama.

Uni Eropa juga mendukung upaya mewujudkan negara Palestina.”Kami membutuhkan negara Palestina. Itu tujuan utama dan sikap UE,” ujar Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Federica Mogherini saat berkunjung ke Gaza, sebagaimana dikutip Alarabiya, 8 November 2014. “Semua pihak tak bisa hanya duduk dan menunggu. Jika hanya menunggu, mungkin perlu 40 tahun lagi negara Palestina berdiri,” tambahnya.

RUU yang sangat rasis

Perkembangan terakhir justru lebih mengecilkan hati. Pemerintah Israel telah sepakat mengusulkan rancangan undang-undang, yang akan mengubah dasar negara itu dari Yahudi yang berdemokrasi menjadi semata-mata berlandaskan hukum Yahudi, yang menekankan paham Semitisme dalam setiap aspek berbangsa. Langkah ini semakin mengancam warga keturunan Palestina dan Arab di Israel, yang menganggap RUU ini sangat rasis.

Keputusan ini merupakan hasil pemungutan suara kabinet Israel pada 23 November 2014. Dengan perbandingan suara 14 mendukung dan enam menentang, mayoritas kabinet mendukung pembentukan negara Yahudi. RUU ini masih harus disetujui parlemen sebelum jadi undang-undang. Dalam RUU itu disebutkan, Israel harus menegaskan karakter Yahudi mereka dan menjadikan hukum Yahudi sebagai dasar pembuat peraturan.

Sedangkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kedua setelah Ibrani, juga akan dihapuskan. RUU ini juga memungkinkan pemerintah untuk mencabut seluruh hak-hak warga Arab yang dianggap turut serta atau memicu kekerasan, termasuk melempari aparat dengan batu.

Warga Muslim Arab dan Kristen yang terdiri dari 20 persen populasi Israel menentang keputusan tersebut. Mereka khawatir dengan adanya UU ini, maka rasisme yang mereka rasakan sekarang akan lebih parah. (Diolah dari berbagai sumber)

November 2014 (ditulis untuk Majalah AKTUAL)

Comments

IBU HAYATI said…
aya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)