Posts

Showing posts from March 26, 2014

Antara Obama dan Jokowi (Ketika Jokowi Membutuhkan "Joe Biden")

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Di tengah tingginya popularitas dan dukungan publik pada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), untuk diajukan sebagai calon presiden 2014, ada kritik terhadap figur Jokowi yang cukup substansial. Kritik itu menyatakan, Jokowi mungkin sudah punya cukup jam terbang untuk diajukan menjadi calon Presiden dalam konteks politik dalam negeri. Jokowi sudah pernah jadi kepala daerah, yakni Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Namun Jokowi tidak punya rekam jejak berarti dalam konteks politik luar negeri dan isu-isu internasional.

Kritik ini ada benarnya. Menjadi Presiden RI memang tidak sama dengan sekadar menjadi bupati, walikota, atau gubernur. Presiden RI bukan cuma memimpin rakyat Indonesia, tetapi juga mewakili kepentingan nasional Indonesia di dunia internasional. Dalam era globalisasi dan dunia yang sudah saling terkait satu sama lain, tidak ada satu negara pun –termasuk Indonesia-- yang bisa hidup sendiri. Semua negara harus bisa bekerjasama untuk kema…

Resensi Buku - Figur-figur "Pancasilais" di Sekitar Kita

Image
Yudi Latif (2014). Mata Air Keteladanan: Pancasila dalam Perbuatan. Jakarta: Penerbit Mizan. Tebal: xxii + 650 halaman.

Banyak orang sudah bicara tentang Pancasila, nilai-nilai dan prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila. Pancasila selalu diasosiasikan dengan hal-hal positif, yang patut dipuji, diteladani, dibela, dan diperjuangkan. Namun itu saja ternyata belum cukup. Yang sering ditanyakan, adakah figur-figur konkret, orang yang bisa kita teladani sebagai “wujud hidup” yang memancarkan “ke-Pancasila-an?”

Celakanya, justru dalam aspek semacam ini kita sering merasa kekurangan. Sama sulitnya menunjukkan contoh konkret “ekonomi Pancasila.” Orang bisa dengan mudah menunjukkan contoh praktik ekonomi kapitalis atau ekonomi sosialis. Namun, mereka agak tergagap jika diminta menunjukkan contoh konkret ekonomi Pancasila, di negara yang secara formal berideologi Pancasila!

Buku karya Yudi Latif ini mengisi kekosongan dan kelangkaan semacam itu. Seperti dikatak…