Posts

Showing posts from May 6, 2014

Makna Simbolis, Jokowi Salat Ashar di Ruangan Mbah Mun

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Bagi sebagian besar orang, kunjungan bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Joko Widodo (Jokowi), yang bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Anwar, Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada 4 Mei 2014 mungkin biasa saja. Di musim kampanye, menjelang pemilihan presiden, sudah jamak jika para kandidat berkunjung ke ponpes-ponpes untuk mengharap restu dan dukungan.

Namun, yang istimewa adalah ketika sedang berkunjung dan mendekati waktu salat Ashar, Jokowi mendapatkan perlakuan khusus dari Kyai Maimun Zubair (Mbah Mun), pemimpin Ponpes Al-Anwar. Mbah Mun adalah juga sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) dan Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut liputan merdeka.com, sebelumnya Jokowi dan Kyai Maimun tampak duduk bersandingan dan berbicara. Dalam pertemuan tertutup itu, mereka makan bersama. Setelah makan, Mbah Mun mempersilakan Jokowi masuk ke sebuah ruangan untuk menunaikan ibadah salat Ashar.

Ketua …

Isu Keadilan Sosial dan Harapan untuk Presiden RI Mendatang

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Sebagai bakal calon presiden yang diunggulkan, Joko Widodo (Jokowi) kini sudah saatnya memberi perhatian pada berbagi isu dalam skala yang lebih luas dan berdampak jangka panjang. Tentu, ada isu-isu jangka pendek yang mendesak, yang perlu segera ditanggapi agar masyarakat tahu bagaimana sikap Jokowi terhadapnya. Tetapi juga ada isu-isu jangka panjang yang strategis dan penting diperhatikan. Salah satunya adalah isu-isu yang menyangkut keadilan sosial dan terkait dengan kerjasama global.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban-Ki Moon sudah membentuk Panel Tingkat Tinggi, untuk merumuskan sasaran agenda Pembangunan Pasca 2015, dan menunjuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan Presiden Liberia Sirleaf Johnson untuk menjadi anggotanya. Panel itu telah menyerahkan hasil kerjanya kepada Sekjen PBB pada September 2013.

Dalam laporan itu, terdapat beberapa rekomendasi Agenda Pembangunan Pasca 2015, …