Posts

Showing posts from December 5, 2014

Gonjang-ganjing Munas Golkar (Aktual Review)

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Ada dua peristiwa paling menarik untuk dibahas dalam sepekan terakhir. Pertama, adalah terpilihnya Dwi Sutjipto menjadi Dirut Pertamina, yang disertai dengan “penggusuran” sejumlah jabatan direktur di perusahaan minyak tersebut. Berbagai isu yang terkait dengan harga bahan bakar minyak (BBM) dan upaya pemberantasan mafia migas memang selalu menarik, dan membawa aura politik yang kental juga. Misalnya, penggalangan dukungan di DPR untuk melakukan interpelasi terhadap kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.

Penggalangan dukungan untuk interpelasi pastilah melibatkan partai-partai besar yang kini berseberangan dengan pemerintah Jokowi. Salah satunya adalah Partai Golkar. Nah, hal inilah yang terkait dengan topik kedua, yakni pro-kontra penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar di Bali. Munas Golkar ini kontroversial, karena menjadi bagian dari pertarungan internal antar elite politik di dalam tubuh partai berlambang beringin tersebut. Aktual …

Memicu “Perang Agama” di Jerusalem

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pemerintah Israel melancarkan kebijakan yang berpotensi membangkitkan “perang agama” di Jerusalem. Prospek perdamaian Palestina-Israel praktis sudah dibunuh lewat aksi-aksi provokasi tersebut.

Kehidupan di kota suci tiga agama, Jerusalem, sebulan terakhir ini panas oleh berbagai tindakan kekerasan yang melibatkan aparat keamanan Israel, warga Yahudi –khususnya yang termasuk kelompok ekstrem Yahudi—dan warga Palestina. Sejumlah warga Yahudi dan Palestina tewas dalam aksi saling serang, yang menjurus ke semacam “perang agama” karena dikaitkan dengan tempat suci agama.

Bermula dengan diizinkannya sebuah kelompok garis keras Yahudi oleh aparat Israel untuk memasuki komplek Masjid Al-Aqsa, tempat suci umat Islam di Jerusalem, aksi provokatif itu lalu memicu aksi balasan dari warga Palestina. Tindakan warga Palestina dibalas lagi dengan aksi dari warga Yahudi dan aparat keamanan, dan terjadilah kekerasan berkelanjutan.

Terkadang sulit memahami logika berpikir Israe…