Posts

Showing posts from December 13, 2014

Puisi Mini Multimedia sebagai Genre Baru

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Akhir-akhir ini di sejumlah media sosial mulai bermunculan bentuk karya puisi pendek, yang dilengkapi visual tertentu. Ini berawal dari Denny JA, yang pada pertengahan Agustus 2014 mengajukan ide tentang lahirnya genre puisi baru. Jenis puisi itu untuk sementara dinamakan “Puisi Mini Multimedia” (PMM). Berbagai tanggapan, komentar, masukan, kritik, dan saran pun dilontarkan terhadap konsep Denny tentang PMM.

Tujuan komentar dan kritik itu bukan untuk mematikan suatu gagasan kreatif, namun bagaimana agar gagasan dasar ini bisa semakin matang, semakin diperkaya, semakin jelas bentuknya, dan semakin mungkin diterapkan secara meluas untuk publik. Ada semangat demokratisasi di sini. Artinya, penulisan puisi bukan dianggap sebagai domain eksklusif terbatas untuk segelintir “penyair profesional,” tetapi ia adalah sesuatu yang juga bisa dilakukan oleh masyarakat banyak.

Lewat tulisan ini, saya mencoba menyumbangkan beberapa pemikiran terhadap gagasan awal Denny, unt…

Tan Malaka, Pejuang Revolusi yang Berakhir Tragis

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Kalau panggung politik nasional sekarang diramaikan oleh pertarungan antara kubu KMP (Koalisi Merah Putih) dan KIH (Koalisi Indonesia Hebat), pertarungan serupa dalam wujud yang lebih esensial dan ideologis juga terjadi pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, tetapi hal itu tak bisa diterima Belanda yang masih ingin menjajah Indonesia.

Dalam perjuangan pasca proklamasi 1945 inilah muncul figur seperti Sjahrir dan Tan Malaka. Sjahrir dalam brosurnya “Perjuangan Kita” (diterbitkan November 1945) mengemukakan idenya tentang revolusi demokratis, yang menekankan arti penting demokrasi untuk melawan kecenderungan fasisme warisan Jepang yang masih membekas. Sjahrir menyimpulkan, satu-satunya jalan untuk menjamin kemerdekaan Indonesia adalah melalui “diplomasi yang lihai dan fleksibel, agar Amerika dan Inggris tidak terundang buat mendukung Belanda secara penuh.”

Selanjutnya secara logis, sikap Sj…

Membina “Keakraban” TNI dan Militer China

Image
Oleh: SATRIO ARISMUNANDAR

Kerjasama pertahanan Indonesia-China yang semakin meningkat punya arti penting dan strategis bagi kedua negara. Indonesia harus pintar memposisikan diri di tengah persaingan China dan Amerika.

Hubungan Indonesia dengan tetangganya yang raksasa Asia, China, telah memasuki dimensi baru dengan makin eratnya kerjasama pertahanan antara kedua negara. Hubungan diplomatik antara kedua negara memang sudah berlangsung cukup lama, 63 tahun. Kebangkitan militer Cina, seiring dengan pertumbuhan ekonominya, tentu menjadi pertimbangan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memperkuat kerjasama militer dengan China.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, peningkatan kerjasama ini adalah demi menjaga stabilitas keamanan kawasan. Pada Februari 2014, Moeldoko yang tengah berkunjung ke China juga menegaskan, peningkatan kerjasama dengan China bisa terwujud sepanjang prinsip saling menghormati dan menjaga kesetaraan dijaga oleh kedua negara.

Moeldoko telah bertemu dengan…

Ketika Sang Naga Mengasah Cakarnya

Image
Oleh: SATRIO ARISMUNANDAR

China terus-menerus memodernisasikan kekuatan militernya. Pembangunan militer China yang dinilai semakin agresif ini menimbulkan kecemasan negara-negara tetangga, khususnya yang terlibat sengketa wilayah dengan Beijing.

Salah satu isu hangat yang terkait dengan bangkitnya China sebagai negara adidaya baru dunia, yang menggerogoti peran dan pengaruh negara adidaya Amerika Serikat, adalah modernisasi angkatan bersenjata China. Seiring dengan kemajuan ekonominya yang fenomenal, masuk akal jika China juga memperkuat militernya secara kuantitatif maupun kualitatif.

Pengembangan kekuatan militer lewat modernisasi merupakan sarana untuk melindungi kepentingan-kepentingan strategis China. Termasuk kebutuhannya pada berbagai sumberdaya, yang menopang pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut. Semakin jelas bahwa China sedang membangun dan mengembangkan kapabilitas militer yang berdampak melampaui kawasan Asia. Bahkan perkembangan terakhir mengindikasikan, China sedang …