Putriku Menyanyi Lagu Michael Buble di Acara Pesantren

Acara sosialisasi Ujian Nasional untuk orangtua santriwati, dilanjutkan dengan acara kebersamaan pengajar, orangtua siswa, dan para siswa sendiri di pesantren di Anyer. Kelompok-kelompok siswa tampil memperagakan pertunjukan masing-masing.

Putriku Syarifa Amira, yang kelas akhir SMP, tampil solo menyanyikan "Home", lagunya Michael Buble. Aku mencatat beberapa hal kemajuan:

1) Rasa percaya diri yang meningkat karena berani tampil sendiri. Tidak lagi pemalu;
2) Mau belajar bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pergaulan dunia. Walau belajarnya lewat syair lagu Michael Buble;
3) Hubungan antara siswa, guru dan orangtua sangat dekat dan penuh keterbukaan.

Dalam pendidikan ini sangat penting. Istriku dan putriku cukup berhasil mengembangkan pendekatan, sehingga putri-putriku yang masih ABG (masih SMP dan SMA) suka cerita kalau ada santri yang suka sama dia, dan berbagai kisah seru "cinta monyet" di pondok pesantren.

Aku juga belajar tentang hal-hal ini karena waktu kecil dulu aku tidak pernah mengenyam pendidikan di asrama/pesantren.

***

Dua putriku kini adalah siswa di pondok pesantren (kelas 9 dan 11). Dua putraku masih di TK dan SD, dan mungkin juga akan masuk pesantren jika sudah SMP nanti.

Entah bagaimana mulanya, istriku bisa menjadi seperti teman bagi putri-putriku. Mungkin ini strategi terbaik untuk mengamati dan mengawasi pertumbuhan mereka menjadi manusia yang dewasa, diberi kebebasan tetapi harus bertanggung jawab.

Hubunganku dengan anak-anak juga rasanya lebih mirip teman, aku sebagai teman yang lebih tua. Hanya kadang-kadang saja aku juga bisa "galak," tetapi itu jarang terjadi.

Dikutip dari Status FB Satrio Arismunandar, 16 Maret 2015

Comments

Obat Vimax said…
keren semoga kelak jadi putri yang solekhah

Popular posts from this blog

MEMAHAMI KONVERGENSI MEDIA (MEDIA CONVERGENCE)

Strategi dalam Industri Media (Contoh Model Five Forces Michael E. Porter)

TANYA-JAWAB SEJARAH FILSAFAT YUNANI