Posts

Showing posts from April 26, 2015

Chakri Naruebet: Kapal Induk Thailand yang Jadi “Kapal Pesiar Kerajaan”

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Bagi negara manapun yang memiliki angkatan laut, salah satu simbol kekuatan militer yang juga menjadi kebanggaan adalah jika memiliki kapal induk. Kapal induk, yang mampu mengangkut banyak pesawat tempur dan helikopter, itu memiliki banyak fungsi. Ia juga memungkinkan proyeksi kekuatan jauh melampaui jangkauan kapal perang biasa. Maka kapal induk juga memberi efek penggentar yang signifikan.

Nah, Thailand adalah negara Asia Tenggara pertama yang mengoperasikan kapal induk. Kapal induk itu adalah HTMS Chakri Naruebet, yang dalam bahasa Thai berarti “Demi Kehormatan Dinasti Chakri.” Ia menjadi kapal bendera Angkatan Laut Kerajaan Thailand atau RTN (Royal Thai Navy).

Chakri Naruebet adalah kapal induk pertama dan satu-satunya milik Thailand. Kapal induk ini dirancang berdasarkan desain kapal Principe de Asturias milik Angkatan Laut Spanyol, dan dibangun oleh galangan kapal Izar (sebelumnya EN Bazan), Spanyol. Biaya pembangunannya saat itu 336 juta dollar AS. K…

Peran Media TV dalam Bisnis Asuransi

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pengantar

Meski terus mengalami pertumbuhan, bisnis asuransi di Indonesia belumlah berkembang secara optimal. Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Hendrisman Rahim pada peringatan Insurance Day, November 2014, mengakui, kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia masih rendah. Dari 240 juta jiwa penduduk Indonesia, hanya 18% atau sekitar 43,2 juta jiwa yang sudah mengerti dan memahami asuransi. Sedangkan berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dari jumlah itu baru 12% atau 28,8 juta jiwa yang benar-benar merasakan produk asuransi.

Rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia disebabkan berbagai faktor. Antara lain, karena minimnya literasi asuransi atau belum sadarnya masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi. Sebagian masyarakat beranggapan, masih banyak kebutuhan lain yang lebih mendesak ketimbang menyisihkan penghasilan mereka untuk keperluan proteksi diri dan harta bendanya.

Selain itu, menurut Hendrisman, posisi Indonesia dalam dunia perasuransian g…

Peliputan Investigatif Kasus Korupsi di Indonesia

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Saat ini terdapat kesepakatan meluas bahwa korupsi telah menjadi salah satu problem global dan etis yang paling mendesak. Korupsi dikatakan menjurus ke hilangnya pendapatan pemerintah, merusak tata kelola pemerintahan yang baik, menuntut biaya lebih untuk bisnis yang terlibat dalam penyuapan, dan hilangnya peluang bagi warga yang tidak terlibat.

Korupsi juga diyakini mendistorsi standar prestasi dan mengikis rasa hormat terhadap hukum, yang berujung pada investasi publik yang lebih tinggi dan rendahnya kualitas infrastruktur, serta menghambat kemajuan politik dan ekonomi.

Korupsi adalah masalah yang bersifat lintas-sistemik. Ia melekat pada semua sistem sosial, feodalisme, kapitalisme, komunisme, dan sosialisme. Ia juga mempengaruhi semua kelas masyarakat, semua organisasi negara (kerajaan atau republik), semua keadaan (perang ataupun damai), semua kelompok usia (muda dan tua), semua jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), segala waktu, dari zaman kuno, zam…

ISIS, Persenjataan Ringan, dan Taktik Tempurnya

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Kelompok ekstrem Negara Islam di Irak dan Suriah alias ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) betul-betul sudah menjadi momok dan mimpi buruk di Timur Tengah. Memiliki pejuang yang militan, menguasai persenjataan yang cukup lengkap, dan telah menduduki wilayah yang cukup luas di Irak dan Suriah, maka ISIS sudah seperti sebuah negara tersendiri.

Pasukan pemerintak Irak yang didukung oleh milisi Muslim Syiah dan suku-suku Muslim Sunni pada awal Maret 2015 melancarkan ofensif untuk merebut kembali kota Tikrit, yang dikuasai oleh ISIS. Merebut Tikrit, kota kampung halaman mantan Presiden Irak Saddam Hussein ini, adalah langkah pertama pemerintah, untuk merebut kembali kota terbesar kedua di Irak, Mosul, yang dikuasai ISIS sejak Juni 2014.

Sekitar 30.000 pasukan pemerintah Irak, milisi Syiah, dan suku-suku Sunni melancarkan ofensif terbesar di Irak, sejak ISIS menyerbu dan menguasai sebagian besar wilayah Irak utara, tahun 2014. ISIS kini menguasai sekitar sepe…

Melawan ISIS, Irak Perbarui Alutsistanya

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Militer Irak, yang tercerai berai sejak invasi pasukan Amerika dan sekutunya tahun 2003, kini pelan-pelan mulai dibangun kembali dengan pembelian alat utama sistem persenjataan baru. Pembaruan alutsista ini juga dibayangi ancaman kelompok militan ISIS (Negara Islam di Irak dan Suriah), yang saat ini sudah bercokol kuat di wilayah Irak.

Irak di zaman pemerintahan Presiden Saddam Hussein pernah menjadi kekuatan militer yang disegani di Timur Tengah. Namun, persaingan dan perseteruan dalam politik Irak, yang mengikuti garis agama dan etnis –terutama antara Muslim Sunni, Syiah, dan Kurdi—membuat pemerintahan tidak stabil. Namun, jika berbagai kelompok politik Irak betul-betul bersatu, bukan tak mungkin militer Irak bisa bangkit kembali dan disegani seperti dulu.

Salah satu unsur untuk memperkuat militer Irak adalah penambahan dan pembaruan alutsista. Pertempuran antara angkatan bersenjata Irak melawan kelompok militan ISIS telah mendorong pembelian senjata besar…

Saeqeh-2, Pesawat “Halilintar” Kebanggaan Iran

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Republik Islam Iran baru-baru ini telah mengungkapkan keberadaan “generasi kedua” Saeqeh (Halilintar), pesawat jet tempur yang dikembangkannya sendiri di dalam negeri. Media resmi Iran pada 9 Februari 2015 melaporkan, Kementerian Pertahanan dan Badan Logistik Angkatan Bersenjata menyebut pesawat generasi baru itu sebagai Saeqeh-2.

Menurut kantor berita Mehr, pesawat Saeqeh-2 itu telah diserahkan ke Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF). Saeqeh-2 adalah produk generasi kedua, sesudah militer Iran membuat Saeqeh, yang desainnya dikembangkan dari pesawat tempur berkursi tunggal buatan Amerika, Northrop F-5E Tiger II. TNI Angkatan Udara kita juga mengoperasikan pesawat F-5E dan F-5F Tiger II ini, namun kini sudah memasuki usia pensiun karena usianya yang sudah 30 tahun.

Desain Saeqeh-2 didasarkan pada pesawat latih bertempat duduk ganda F-5F. Dilihat dari luar, Saeqeh-2 memiliki modifikasi ekor kembar (twin-tail) seperti Saeqeh, walau sulit memastikan pengem…

Indonesia, KAA, dan Konflik Yaman (Aktual Review)

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Serangan udara menggebu-gebu dari koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi, yang diarahkan ke kubu-kubu kelompok Houthi di Yaman, akhirnya mulai berimbas ke salah satu pihak yang tidak terlibat dalam konflik: Indonesia. Pada 20 April 2015, pukul 10.45 waktu setempat, ada bom yang “menyasar” menghantam kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sana’a, ibukota Yaman.

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi telah mengecam keras serangan bom yang terjadi di kota Sana’a, yang mengakibatkan terlukanya beberapa staf diplomat Indonesia, dan rusaknya KBRI serta seluruh kendaraan milik KBRI yang berada di area tersebut. Bisa dibilang, 80 persen gedung KBRI rusak parah. Saat pemboman itu terdapat 17 WNI di KBRI Sana’a, yang terdiri dari staf KBRI, anggota tim evakuasi WNI dari Jakarta, dan WNI yang sedang mengungsi.

Informasi awal yang diterima dari Sana’a, serangan tersebut sebenarnya ditujukan kepada depot amunisi yang berada di kawasan tersebut. Jalan di sekitar KB…

Lafran Pane, Pendiri HMI yang Sederhana dan Tanpa Pamrih

Image
Sederhana, tanpa pamrih, menjalani hidup yang lurus, dan memiliki komitmen keislaman yang tinggi. Mungkin itulah kalimat yang pas untuk menggambarkan sosok Lafran Pane. Lafran adalah pemrakarsa dan pendiri organisasi mahasiswa yang besar kiprahnya dalam dunia politik di Tanah Air, yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), pada 5 Februari 1947.

Ada beberapa nama lain yang disebut sebagai pendiri HMI. Lafran, yang rendah hati, menolak disebut sebagai satu-satunya pendiri HMI. Lafran Pane lahir di Padang Sidempuan, 5 Februari 1922. Tanggal lahirnya persis tanggal kelahiran HMI. Untuk menghindari spekulasi yang macam-macam, Lafran sengaja menyamarkan tanggal kelahirannya. Sesudah ia wafat pada 24 Januari 1991, barulah orang tahu tanggal kelahiran Lafran yang sebenarnya.

Lafran Pane adalah anak keenam keluarga Sutan Pangurabaan Pane dari istrinya yang pertama. Ayah Lafran adalah seorang guru sekaligus seniman Batak Mandailing di Muara Sipongi, Mandailing Natal. Keluarga Lafran merupakan kelua…