Posts

Showing posts from May 25, 2015

Visi dan Misi Menjadi Calon Anggota Dewan Pengawas LPP RRI dan Pengembangan LPP Radio

Image
Oleh Satrio Arismunandar

Pengantar

Sebagai calon anggota Dewan Pengawas LPP RRI, jika terpilih saya akan memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab. Yang utama adalah menetapkan kebijakan umum, rencana induk, kebijakan penyiaran, rencana kerja dan anggaran tahunan, kebijakan pengembangan kelembagaan dan sumber daya LPP RRI, serta mengawasi pelaksanaan kebijakan tersebut sesuai dengan arah dan tujuan penyiaran. Selain itu, juga harus mengawasi pelaksanaan rencana kerja dan anggaran serta independensi dan netralitas siaran LPP RRI, serta beberapa tugas lain.

Dalam melaksanakan tugas ini, saya harus berangkat dari pemahaman dan komitmen bahwa siaran RRI harus ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara. RRI juga adalah Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan tidak komersial. RRI berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial, serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional.

Sebagai lembaga penyiaran publik, saya men…

Museum Satriamandala Perlu Berbenah, Koleksi Alutsista Perlu Diperbarui

Image
Museum Satriamandala di Jakarta, yang menghadirkan berbagai hal terkait sejarah Tentara Nasional Indonesia, perlu berbenah diri dalam hal tampilan dan koleksi museum, agar bisa tampil menarik dan menginspirasi generasi muda.
Demikian hasil pengamatan wartawan www.aktual.co, Satrio Arismunandar, ketika hari Sabtu (23 Mei 2015) berkunjung langsung ke museum, yang diresmikan keberadaannya oleh Presiden Soeharto pada 1972 ini.

Ada lantai di ruang dalam yang pecah, dan seharusnya itu segera diperbaiki demi kenyamanan pengunjung. Selain itu, penerangan lampu di beberapa ruang terkesan suram, sehingga tidak menarik dan menyulitkan pengunjung untuk mengamati koleksi museum.

Pernak-pernik yang dijual untuk pengunjung juga sangat terbatas, cuma stiker seharga Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Seharusnya pengelola museum bisa lebih kreatif, misalnya dengan menjual kaos dan buku-buku sejarah bertema bela negara atau patriotisme.

Di halaman Museum Satriamandala dipamerkan alat utama sistem persenjataan, …