Posts

Showing posts from July 19, 2015

Pola Rusuh SARA di Tolikara-Papua Mirip Pola Rusuh yang Sudah Terjadi di Ambon

Image
Inilah gunanya sejarah. Dibaca, dipelajari, disimak, supaya kita semua belajar untuk TIDAK terjerumus ke lubang yang sama. Kenapa tidak ada yang membahas dari "kemiripan" (copy paste?) pola kerusuhan SARA yang terjadi di Kabupaten Tolikara, Papua dengan pola kerusuhan yang SUDAH pernah dilakukan di Ambon?

Kita ingat konteks situasi Ambon pasca berhentinya Presiden Soeharto. Pemicunya juga sama: serangan ke orang Islam oleh kelompok "Kristen" justru pada hari Idul Fitri atau sesudah bulan puasa! (sebetulnya dalam pola intelijen, tidak penting siapa pelakunya karena bisa direkrut dari siapa saja dan dari mana saja, walau di-set up agar mencitrakan kelompok tertentu untuk memicu kerusuhan yang lebih luas).

Menurut sumber-sumber, gerakan ke arah rusuh Ambon waktu itu sebetulnya sudah terendus oleh intelijen. Lantas kenapa kerusuhan besar dan saling bunuh bisa tetap terjadi di Ambon? Untuk pertanyaan ini, ada beberapa dugaan: 1) Kasus itu dianggap remeh, sehingga mesk…

PM Najib Razak Tersandung Tuduhan Korupsi

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Citra pemerintah Malaysia tercoreng oleh dugaan aliran dana dari perusahaan 1MDB ke rekening pribadi Perdana Menteri Najib Razak. Meski diduga terlibat megakorupsi, posisi Najib sementara masih kuat.

Semua bermula dari pemberitaan suratkabar The Wall Street Journal (WSJ) pada awal Juli 2015. Media milik Dow Jones itu mengutip dokumen hasil penyelidikan resmi dan memuat tabel, yang mengindikasikan adanya aliran dana ratusan juta dollar AS dari perusahaan pengelola dana investasi pemerintah Malaysia, 1MDB (1Malaysia Development Berhad), ke sejumlah rekening pribadi milik Perdana Menteri Najib Razak.

Dalam berita yang berjudul “Government Documents from Probe of Najib Razak,” WSJ memuat sembilan dokumen tentang dugaan aliran dana ke rekening milik Najib. Menurut WSJ, dokumen-dokumen itu merupakan hasil investigasi otoritas Malaysia. Di situ ditunjukkan adanya aliran dana dari sejumlah perusahaan pada Maret 2013, Desember 2014, dan Februari 2015.

Dalam pemberitaan…

Fajar Baru Kesepakatan Nuklir Iran

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara P5+1 menjadi momen yang bersejarah. Pembatasan program nuklir Iran akan diimbali dengan berakhirnya sanksi ekonomi dan embargo terhadap Iran.

Bagi rakyat Iran, kota Vienna, Austria, menjadi saksi peristiwa bersejarah. Pada 14 Juli 2015, upaya diplomasi terbukti menghasilkan kesepakatan yang tidak bisa dicapai melalui tekanan dan ancaman militer terhadap Iran. Republik Islam Iran yang selalu dianggap sebagai ancaman oleh Amerika Serikat dan Israel itu bersedia membatasi program nuklirnya, dengan imbalan pencabutan sanksi-sanksi terhadap Iran.

Di balkon terkenal Palais Coburg, Vienna, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bersama perwakilan khusus Uni Eropa Federica Mogherini mengumumkan kesepakatan yang mengakhiri kebuntuan selama 13 tahun tentang program nuklir Iran. Lebih dari 30 tahun, Barat telah menggunakan berbagai taktik tekanan dan paksaan terhadap Iran, tetapi tidak mencapai apa-apa. Kini 22 bulan proses diplomasi…