Posts

Showing posts from March 2, 2016

Baharuddin Lopa, Sang Pejuang Keadilan

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Dunia hukum Indonesia pastilah tidak melupakan nama Baharuddin Lopa, S.H. Pejuang keadilan yang lahir di Pambusuang, Balanipa, Polewali Mandar, pada 27 Agustus 1935 ini dikenal sebagai tokoh yang pemberani, sederhana, lurus, bersih, dan taat beragama. Lopa menjabat sebagai Jaksa Agung Republik Indonesia dari 6 Juni 2001 sampai wafatnya di Riyadh, Arab Saudi, pada 3 Juli 2001, di masa pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid.

Lopa juga adalah mantan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. Antara tahun 1993-1998, ia duduk sebagai anggota Komnas HAM. Ia juga sempat menjabat Menteri Hukum dan Perundang-undangan untuk masa jabatan 9 Februari – 3 Juli 2001. Ketika wafat, Lopa sedang “berjihad” menegakkan keadilan, dengan memburu sejumlah konglomerat hitam yang telah merugikan keuangan negara.

Sejak menjabat Jaksa Agung, Lopa memburu Sjamsul Nursalim yang sedang dirawat di Jepang dan Prajogo Pangestu yang dirawat di Singapura, agar segera pulang ke Jakarta. Lopa j…

Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb, Imam Besar Masjid Al-Azhar yang Moderat

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Umat Islam Indonesia beruntung menjadi tuan rumah bagi kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb, ulama terkemuka dan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Mesir. Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Imam Besar Masjid Al-Azhar ini di Istana Merdeka, 22 Februari 2016. Syekh Ath-Thayyeb terkenal dengan pandangan keagamaannya yang moderat dan konsisten dalam menyuarakan visi Islam yang damai.

Namun, siapakah sebenarnya ulama terkemuka asal Mesir ini? Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb lahir di Qina, 6 Januari 1946. Jika dirunut, silsilah nasabnya sampai kepada Hasan bin Ali bin Abu Thalib, cucu kesayangan Nabi Muhammad SAW. Pada usia 70 tahun, ia menjadi Imam Besar Masjid Al-Azhar.

Ia menempati jabatan tertinggi Syaikh Besar Al-Azhar di atas Mufti di Daarul Ifta, sekaligus juga merupakan jabatan tertinggi di Institusi Al-Azhar yang berpusat di Kairo, Mesir. Ia menggantikan Fadhilatu Syaikh DR. Muhammad Sayyid Thanthawi y…