Posts

Showing posts from January 17, 2017

Fokus Jokowi 2017: Mengatasi Ketimpangan

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Seumpama kapal besar, yang mengubah haluan sesudah berlayar hampir separuh perjalanan, pemerintah Presiden Joko Widodo telah mengubah strategi dan kebijakan untuk 2017, ketika memasuki tahun ketiga jalannya pemerintahan. Pemerintah mengakui, ada kebijakan yang kurang tepat sehingga harus diubah. Perubahan itu adalah dengan menekankan pada upaya mendorong dan menggerakkan ekonomi rakyat, untuk mengatasi ketimpangan dan kesenjangan pendapatan.

Kondisi ketimpangan ini memang cukup serius. Indonesia pada akhir 2016 adalah negara dengan tingkat ketimpangan pengeluaran terburuk ke-4 sedunia. Hal ini membuktikan, model pembangunan Indonesia selama ini gagal mewujudkan keadilan sosial, yang dicita-citakan sejak proklamasi kemerdekaan.

Ketimpangan yang terjadi di Indonesia meliputi empat aspek sekaligus, yaitu: sektor, pelaku usaha, individu, dan wilayah. Sektor yang menyerap tenaga kerja banyak justru tumbuh rendah. Sedangkan, sektor yang sedikit menyerap tenaga ker…

Dana Haji untuk Membangun Infrastruktur

Image
Oleh: Satrio Arismunandar

Program pembangunan infrastruktur secara masif, yang menjadi salah satu ciri pemerintahan Presiden Joko Widodo, membutuhkan dukungan dana yang besar. Pilihan strategi ini sudah di jalur yang benar. Namun, melambatnya pertumbuhan ekonomi global, yang berdampak pada kondisi perekonomian nasional, menyebabkan realisasi proyek-proyek infrastruktur itu tidak mudah.

Postur APBN 2017 menunjukkan adanya defisit yang cukup mengkhawatirkan. Pada postur APBN 2017, pendapatan dianggarkan sebesar Rp 1.750,3 triliun dan belanja Rp 2.080,5 triliun. Ada defisit sebesar Rp 330,2 triliun yang akan ditutup dengan utang. Defisit ini bisa semakin besar, jika pendapatan ternyata tidak bisa direalisasikan sesuai rencana.

Dari anggaran belanja itu, sebesar Rp 764,9 triliun dialokasikan sebagai dana transfer ke daerah dan dana desa, dengan tujuan memperkuat desentralisasi fiskal. Salah satu realisasinya, percepatan pembangunan infrastruktur dasar. Asumsinya, infrastruktur yang buruk …